30 November 2009

Berusaha Namun Pasrah

Gw tau gw udah banyak melakukan kesalahan di rentang waktu penyusunan skripsi ini. Waktu 1 tahun yg seharusnya bisa gw gunakan semaksimal mungkin malah habis dengan hal2 yang tidak berguna. Malas, mungkin salah satu kata yang bisa mendeskripsikan gw.. Kenapa gw malas? karena gw merasa stuck dengan skripsi gw.. Gw udah antipati dan pesimis duluan dengan semuanya. Dulu gw pernah berusaha pol-polan untuk skripsi gw, sampai akhirnya gw jatuh sakit dan harus dirawat di RS selama 1 minggu (waktu itu gw kena DB).. Setelah sakit itu, gw juga harus mempersiapkan diri untuk berangkat ke Jerman. Otomatis yang fokus gw saat itu ya cuma mempersiapkan fisik dan mental aja, dan gw pun saat itu langsung stuck lagi dengan skripsi gw...

Sekembalinya dari Jerman pun gw ga langsung berkutat kembali dengan skripsi gw.. Gw ngerasa udah ga ada harapan aja.. Kenapa? Karena waktu itu kelas percobaan gw di SMA udah pada naik kelas.. huaah ini ney susahnya kalau skripsi kuantitatif, harus kejar2an dengan tempat penelitiannya (SMA). Kalau kita ingin meneliti pada tema tertentu di semester tertentu, ya berarti kita harus bisa menyelesaikan Rencana Pengajaran, Soal2 instrumen untuk Pretest, Media untuk perlakuan, dan setelah pretest kudu langsung menghitung validitas dan realibilitas soal.. Semua instrumen penelitian itu sudah harus mendapatkan persetujuan dari DP untuk dapat diteskan kepada siswa.. huaaah,disinilah gw kalang kabut.. hiks..
Akhirnya tiba keputusan dari dosen2 gw untuk memberikan gw solusi atas skripsi gw yg bisa dibilang "gagal" itu.. karena deadline saat itu tinggal 3 bulan lagi...maka gw diberikan saran untuk mengubah skripsi gw menjadi model pengajaran (kualitatif), atau terpaksa gw harus seminar ulang pada Januari 2010 mendatang (which takes another 6 months for the seminar). Ya udah tanpa pikir 2 kali, gw langsung setuju untuk mengubah skripsi gw menjadi model pengajaran.

Saat itu gw udah menetapkan deadline untuk diri gw sendiri, bahwa 1 minggu lagi, gw udah harus menyerahkan skripsi dengan judul baru lagi. Langsung deh begadang mode: on..hahaha.. Trus gw jg nongkrong di perpus, liatin skripsi2 ttg model pengajaran (karena jujur gw ga tau apa2 ttg kualitatif dan model pengajaran). Dan memang berbeda sekali dengan skripsi gw sebelumnya dimana gw memakai metode kuantitatif.. Namun alhamdulillah deadline gw berhasil terpenuhi. Gw bisa menyerahkan skripsi lagi hanya dalam tempo 1 minggu aja.. Alhamdulillah...

Sekarang udah masuk ke konsultasi ke-3..Emang siy skripsi gw masih banyak kurang disana-sini. Ditambah gw harus mengubah format skripsi gw berdasarkan panduan penulisan terbaru yg dikeluarkan oleh universitas gw.. Dan deadline udah di depan mata.. tinggal 1 bulan lagi...So far gw baru di bab 2.. (dari 4 bab). n gw jg ada sedikit masalah dgn DP gw..hiks..mudah2an bisa cepat clear.. >_< Sekarang gw ada di fase dimana gw akan tetep berusaha mati2an supaya gw ga harus seminar ulang.. Tapi di sisi lain gw juga udah pasrah.. Gw tertekan dengan keadaan ini, namun alhamdulillah masih banyak orang2 yg sayang sama gw dan mau mendukung gw dan tetap menerima gw apa adanya.. Mudah2an hasilnya baik.. Mudah2an Alloh memudahkan jalan untuk hambaNya ini.. Mudah2an Alloh memberikan cobaan ini juga untuk kebaikan masa depan gw.. Mungkin gw belum pantas lulus tahun ini.. Tapi gw yakin gw akan lulus di saat yang tepat untuk gw.. Come what may.. All i can do is TRY..

2 komentar:

la-budza said...

semangat ka ola ^^
hebat euy.. gigih bener.. :D

Olanatics said...

Danke Labu..
iyah,tapi semangat n gigihnya cuma pas deket2 deadline aja..huhuhu.. Mudah2an kita semua cepet lulusssss!!! Amien..

Post a Comment